Rambut Sehat Atau Rambut Indah?

rambut sehat
Memiliki rambut yang indah dan sehat memang bukanlah hal yang mudah. Penggunaan shampo dan conditioner saja tidak cukup untuk mendapatkannya, karena itulah seringkali orang melakukan Perawatan Rambut Sehat di salon atau menggunakan vitamin rambut seperti Ellips untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Selain pemakaian vitamin rambut yang diaplikasikan langsung pada rambut, pemenuhan kebutuhan nutrisipun harus dilakukan dari dalam tubuh melalui makanan yang kita makan. Dengan begitu, hasil yang akan didapatkan akan lebih maksimal.

Namun proses yang dibutuhkan untuk mendapat rambut sehat ini tidak instan, apalagi jika rambut sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Sehingga banyak yang memilih menutupi kerusakan pada rambutnya yang kurang sehat dengan melakukan beberapa hal agar rambut terlihat indah. Hanya saja, apa yang dilakukannya tersebut justru semakin memperparah kerusakan pada rambut. Beberapa hal yang sering digunakan untuk mempercantik rambut namun akhirnya malah merusaknya adalah:

Penggunaan Bahan Kimia
Saat melakukan rebonding, pengritingan atau pewarnaan rambut akan digunakan berbagai zat kimia yang dapat berbahaya bagi kesehatan rambbut. Setelah melakukan salah satu dari ketiga hal tersebut, terkadang rambut akan terasa lembut dan halus, hal inilah yang sering membuat seseorang mengabaikan perawatan selanjutnya. Padahal rasa lembut dan halus tersebut akibat zat kimia yang digunakan, dan jika tidak dilakukan perawatan setelah melakukan hal tersebut, rambut justru akan semakin mengalami kerusakan.

Penggunaan Alat Bersifat Panas
Mengeringkan rambut dengan hairdryer, atau melakukan styling rambut dengan alat yang bersifat panas akan menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh dan bercabang. Namun hal ini termasuk yang paling sering digunakan oleh masyarakat saat ini, bahkan banyak yang merasa tidak percaya diri jika pergi tanpa melakukan catok pada rambutnya.

Salah Mengikat Rambut
Kebiasaan mengikat rambut tidak selalu baik untuk kesehatan rambut. Jika mengikat dengan cara yang salah justru hal ini akan merusak kesehatan rambut, misalnya saja mengikat rambut terlalu kencang, atau menggunakan karet yang bersifat lengket dan tidak aman untuk rambut.

Keramas Terlalu Sering

Ada beberapa orang yang melakukan keramas setiap hari agar rambutnya selalu terlihat bersih dan indah. Memang terkadang setelah keramas rambut akan terasa lembut, namun melakukan keramas setiap hari justru akan merusak kesehatan rambut, selain itu tidak baik juga untuk kulit kepala. Apalagi jika proses pengeringan rambut dilakukan dengan cara yang salah, hal ini justru akan memperparahkerusakan rambut. (Yv)
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger