Bahaya Di Balik Benjolan di Belakang Telinga Anak


Banyak orangtua yang merasa khawatir ketika menemukan benjolan pada bagian belakang telinga anak mereka yang masih bayi. Hal ini wajar saja, karena benjolan ini bisa menjadi tanda sebuah penyakit kanker, sehingga tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena itulah, banyak dokter kanker yang menyarankan untuk memeriksakan anak ketika menemukan benjolan pada tubuh anak. Apalagi, jika benjolan itu sudah ada cukup lama dan tidak menghilang, atau bahkan ukurannya justru semakin besar dari waktu ke waktu.

benjolan
Pembengkakan yang terjadi di belakang telinga anak muncul sebagai hasil dari masalah sistem kekebalan tubuh. Pembengkakan ini muncul karena infeksi pada kelenjar getah bening yang disebabkan oleh kuman streptokokus. Kelenjar getah bening berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah putih dan sebagai tempat penyaringan antigen atau protein asing yang masuk ke dalam tubuh. Pada dasarnya, kelenjar getah bening ini tidak dapat dirasakan atau diraba. Namun, ketika tubuh mengalami infeksi maka kelenjar getah bening ini akan mengalami pembengkakan sehingga timbulah benjolan, salah satunya pada bagian belakang telinga.

Benjolan yang diakibatkan pembengkakan ini, akan hilang pada saat infeksi pada anak telah sembuh. Namun demikian, ketika ukuran benjolan sudah mencapai lebih dari 1 cm, maka benjolan ini tidak lagi bisa diabaikan. Jika dibiarkan, sel-sel ini dapat mengalami pembengkakan dan mengganggu kesehatan tubuh anak. Lambat laun, pembengkakan ini akan berubah menjadi infeksi yang lebih serius atau bahkan kanker getah bening. Beberapa penyakit yang dapat menimpa anak ketika mengalami pembengkakan kelenjar getah bening adalah:
  • Infeksi akut. Seiring dengan demam yang diderita anak, pembengakakan kelenjar getah bening juga semakin besar. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, pembengkakan kelenjar getah bening bisa menyebabkan infeksi akut di sekitar kepala dan juga leher. Penyebabnya adalah bakteri.
  • Infeksi kronik. Pembengkakan kelenjar getah bening ini disebabkan oleh bakteri microbacterium tuberculosa. Bahayanya, infeksi ini berhubungan dengan kondisi paru-paru meski ditemukan pula contoh kasus di mana bayi yang menderita infeksi ini tidak memiliki kelainan di paru-paru.
  • Kanker primer pembesaran kelenjar getah bening. Semakin dini dideteksi, maka semakin kecil juga kemungkinan kanker akan mendapatkan pertolongan sebelum pembengkakan menyebar di tempat lain.
Segera periksakan anak Anda ke dokter ketika benjolan pada anak disertai beberapa hal seperti : bengkak mulai terjadi di beberapa tempat kelenjar getah bening, demam tinggi, penurunan berat badan, dan berlangsung selama 3 minggu dan tidak kunjung mengempis. Selalu waspada terhadap perubahan yang ada di tubuh anak, ya! (Tr)
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger