Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mandi (Part I)

Mandi merupakan salah satu aktifitas yang wajib dilakukan setiap hari. Saat mandi, kita akan membuang semua kotoran dan bakteri yang menempel pada tubuh. Entah itu, sisa kotoran dari produk perawatan kulit wajah, debu yang menempel, bau badan, dan lainnya. Selain membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel, mandi juga mampu memperbaiki mood yang tidak karuan. Tapi, apa jadinya ketika kita mandi malah memunculkan beberapa kesalahan-kesalahan kecil.

Memang ada kesalahan yang kita buat saat mandi? Hmm, tentu saja jawabannya ada. Tanpa kita sadari, tenyata banyak kesalahan-kesalahan kecil yang kita buat ketika mandi. Apa sajakah kesalahan-kesalahan tersebut? Berikut beberapa diantaranya:
mandi
  • Mandi yang terlalu lama. Ternyata, mandi yang terlalu lama tidak boleh lho! Mandi yang terlalu lama hanya akan menyebabkan kulit kering, dan minyak alami yang terdapat di kulit sedikit terkikis. Dokter kulit Patricia Farris juga menegaskan hal yang sama. Menurut Dokter Patricia Farris, apabila kita mandi janganlah terlalu lama, sebaiknya mandi jangan lebih dari 5 sampai 10 menit.
  • Menggunakan sabun beraroma wangi. Menggunakan sabun yang beraroma wangi ketika mandi, ternyata juga tidak boleh. Kenapa yaa? Sabun yang beraroma wangi akan menurunkan kelembaban pada kulitmu. Rhonda Klein seorang dokter kulit asal Milford menyatakan, sabun yang beraroma wangi dapat menyebabkan kekeringan yang sangat ekstrem pada kulit, terjadi gatal-gatal, dan kulit mudah mengelupas.
  • Terlalu lama menggunakan puff shower. Terlalu lama memakai puff power juga tidak baik untuk tubuh. Pemakaian puff power yang lebih dari empat minggu, akan mengakibatkan tumbuhnya kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri yang muncul, hanya akan menyebabkan gatal-gatal pada tubuh.
  • Mencuci rambut setiap hari. Terkadang banyak dari kita yang mencuci rambut setiap hari. Tapi sebenarnya, mencuci rambut setiap hari juga tidak boleh. Mengapa? Yaa, shampoo yang mengandung bahan-bahan kimia alami, terkadang akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Untuk yang memiliki rambut tipis dan lurus, sebaiknya keramas dua kali seminggu. Sedangkan, bagi yang memiliki rambut dengan tekstur kasar atau keriting, maka sebaiknya keramas satu minggu sekali.
Segitu dulu yaa, kesalahan yang sering kita lakukan saat mandi. Nanti akan dilanjutkan di part II nya. –Sh–
 

Info Kesehatan Plus Kecantikan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger